FAKTOR-FATOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PROFESI SEBAGAI PENDIDIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Dyah Permata Widyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial, nilai-nilai, dan pertimbangan pasar kerja terhadap pemilihan profesi sebagai tenaga pendidik pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi penelitian ini 102 mahasiswa, dan seluruhnya dijadikan responden. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan profesi sebagai tenaga pendidik; (2) nilai-nilai sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan profesi sebagai tenaga pendidik; (3) pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan profesi sebagai tenaga pendidik; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan seluruh variabel bebas secara simultan terhadap pemilihan profesi sebagai tenaga pendidik. Nilai R2 sebesar 0,323 dapat diartikan bahwa kontribusi seluruh variabel bebas dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 32,3% .


Keywords


pemilihan profesi tenaga pendidik

Full Text:

PDF

References


Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Munandar. (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Idianto Muin. (2006). Sosiologi SMA/MA Jilid 1 untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Elizabeth B. Hurlock. (1978). Perkembangan Anak: Jakarta: Erlangga.

Andi, Mappiare. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Jumamik.(2007). “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan”. Skripsi. Semarang: UMS.

Merdekawati dan Sulistyawati. (2011). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik Dan Akuntan Non Publik”, Volume 13, Nomor 1, Hal.aman 9-19. Jurnal SN. Semarang: Universitas Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International