PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO EXPLAINER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Hanifatul Mafazah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media video explainer untuk pembelajaran ekonomi kelas X materi manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Dick&Carey dengan sepuluh tahapan.Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru ekonomi. Media diujicobakan kepada tiga siswa, enam siswa, dan 26 siswa. Penelitian dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Penelitian menunjukkan video explainer “Layak” sebagai media pembelajaran. Penilaian dari ahli materi “Baik” dengan skor rata-rata 3,92. Penilaian dari ahli media “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,13. Penilaian dari guru “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,09. Penilaian dari siswa saat uji coba satu-satu “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,50. Penilaian dari siswa saat uji coba kelompok kecil “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,27. Penilaian dari siswa saat uji coba kelompok besar “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,03

Keywords


Media Pembelajaran; Video Explainer Model Infographic

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Atwi Suparman. (2014). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Eko Purto Widyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endang Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Enik Normasari. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Tesis magister, tidak diterbitkan, UNY, Yogyakarta.

Irwan Saputra. (2014). Implementasi Animasi 2D dan Video Explainer pada Iklan Televisi Komunitas Sedekah Buku. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.

Jhon D. Latuheru. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Munir. (2013). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Punaji Setyosari. (2015). Metode Penelitian Pendidikandan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Rizky. (2014). Analisis dan Pembuatan Media Ensiklopedia Pramuka Siaga Menggunakan IBook Author pada Ipad. Skripsi. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Titi Wijayanti. (2016). Pengembangan Media Game Ular Tangga Ekonomi untuk Meningkatkan Minat Belajar Ekonomi Kelas X SMAN 1 Sedayu. Skripsi sarjana, tidak diterbitkan, UNY, Yogyakarta.

Walter Dick&Lou Carey. (1978). The Systematic Design of Instruction. Texas: Foresman.

Woro Winuhasih. (2016). Pengembangan Media Filmstrip untuk Pembelajaran menulis Teks Eksplanasi untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International