FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT BANK UMUM DI INDONESIA TAHUN 2010-2015

Arif Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2010-2015. Variabel independen yang dianalisis yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Kurs IDR/USD dan BI rate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data menggunakan Error Correction Model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) DPK mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum sebesar 1,185% dalam jangka panjang dan 0.207% dalam jangka pendek; (2) CAR dalam jangka panjang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum tetapi dalam jangka pendek mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap kredit pada bank umum sebesar 0,0048%; (3) NPL mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum sebesar 0.0487% dalam jangka panjang dan 0.0372% dalam jangka pendek; (4) Kurs IDR/USD dalam jangka panjang tidak berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum tetapi dalam jangka pendek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum sebesar 0,00000868%; (5) BI Rate mempunyai pengaruh positif signifikan dalam jangka panjang terhadap penyaluran kredit pada bank umum sebesar 0,0260% tetapi tidak berpengaruh signifikan dalam jangka pendek; (6) Secara Simultan DPK, CAR, NPL, Kurs IDR/USD dan BI Rate berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit pada bank umum dengan nilai probabilitas F-statistik sebesar 0,0000.


Keywords


DPK; CAR; NPL; Kurs IDR/USD; BI Rate; Error Correction Model

Full Text:

PDF

References


Danang Sugianto. 2016. BI Catat Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat 1,4%. Jakarta: www.economy.okezone.com, diakses 1 Mei 2016.

Lukman Dendawijaya. 2003. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moch. Doddy Ariefianto. 2012. Ekonometrika Esensi dan Aplikasi dengan Menggunakan EVIEWS. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muhammad Teguh. 2014. Metode Kuantitatif untuk Analisis Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Taswan. 2010. Manajemen Perbankan (Konsep,Teknik dan Aplikasi) Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Wing Wahyu Winarno. 2015. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews Edisi 4. Yogyakarta: UPP STIM YKPN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International