PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017

Risa Rusdiana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa dalam penelitian ini adalah Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar kognitif kemampuan berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, lembar observasi motivasi belajar, catatan lapangan, serta lembar observasi hasil belajar afektif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada Kompetensi Dasar Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor motivasi belajar ekonomi siswa dari siklus I sebesar 78,7% meningkat menjadi 87,7% di siklus II. Hasil belajar aspek kognitif kemampuan berpikir tingkat rendah siswa siklus I dengan rata-rata sebesar 74,25 dengan prosentase ketuntasan 75% meningkat menjadi 79,29 dengan prosentase ketuntasan 80,60% di siklus II. Prosentase ketuntasan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat dari siklus I sebesar 67,9% menjadi 80,6% di siklus II. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa meningkat dari siklus I sebesar 78,57% menjadi 87,09% pada siklus II.

Keywords


Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS), Motivasi; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Kusuma Okta. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Wonosari. Skripsi. FE UNY.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Ismawati dan Hindarto. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246.

Malik, Kardi. 2014. Penerapan Model Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantu Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil BelajarIPS Di SMP Negeri 1 Sidamanik Sumatera Utara. Tesis. Pascasarjana UNSU.

Mayasari, Dian. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015. ISBN: 978.602.361.002.0

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International