PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Sri Septiyaningsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013 yang berjumlah 79 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi ganda yang telah memenuhi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji homosedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan nilaiĀ  thitung 2,865 dan nilai signifikansi sebesar 0,005 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan nilai thitung 4,936 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013 UNY dengan nilai Fhitung 32,305 signifikansi sebesar 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,459 atau 45,9%. Hasil ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel aktivitas belajar dan kemandirian belajar sebesar 45,9%, sedangkan sisanya 54,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti

Keywords


Aktivitas; Kemandirian; Prestasi Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Febriansyah, S. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun 2014/2015. Skripsi. Dipublikasikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanugraha, D.P. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar Ekonomi Ssiswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Aajaran 2013/2014. Skripsi. Dipublikasikan: Universitas Muhammadiyah Syrakarta.

Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nofitasari, R. 2011. Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kemandirian dalam Mengerjakan Tugas terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Semester VI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Dipublikasikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Priyanto. 2007. Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, U. & La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International