PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Joko Setiyawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, XII SMK Muhammadiyah 1 Muntilan yang berjumlah 150 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,316, (2) terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,009<0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,331; (3) terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,026<0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,232; dan (4) terdapat pengaruh positif self efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05

Keywords


Self Efficacy; Lingkungan Keluarga; Lingkungan Sekolah; dan Minat Berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Muhaimin Azzet. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia, Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Anis Sarifudin Adi. (2011). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa SMK. http://aniesmedia.blogspot.com/2011/04/membangun-jiwa-wirausaha-siswa-smk.html, Kamis, 26-9-2013 jam 09:47 WIB.

Arif Sugiono & Kurnianing Isololipu. (2010). Berani Hidup Kaya, Jurus Jitu Menjadi Entrepreneur Andal. Jakarta : Pustaka Timur.

Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2014.

BPS, Sakernas Agustus 2013.

Data dari BPS, 2013.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Sekolah Entrepreneur! Mendesain, Menerapkan, dan Memproduk Insan-insan Edukatif Bermental Pencipta Kerja, bukan Pencari Lapangan Kerja. Yogyakarta : Harmoni.

Kompas, 4 November 2015.

Nurul Indarti & Rokhima Rostiani. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang, dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia. Vol.23, No.4, Oktober 2008.

Sirod Hantoro. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Suci Wulandari. (2012). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi UNESA.

Wilson, F, Et.all. (2007). Gender, Entrepreneurial Self Efficacy, and Entrepreneurial Career Intentions: Implication for Entrepreneurship Education. Journal ETP (Entrepreneurship, Theory & Practice, Boston: Baylor University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International