ANALISIS SOFT SKILLS SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Mohammad Syaiful Hidayatullah

Abstract


 

Abstrak: Penelitian bermaksud untuk mengetahui pelaksanaan soft skills siswa kelas XI Jurusan Pemasaran (bila dilihat dari aspek ketrampilan komunikasi, etika, kepemimpinan, motivasi, ketrampilan menyelesaikan masalah dan bekerja dalam tim). Populasinya adalah siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Tempel yang berjumlah 72 siswa Tahun Ajaran 2015/2016. Soft Skills dalam penelitian ini meliputi ketrampilan komunikasi (X1), etika (X2), kepemimpinan (X3), motivasi (X4), ketrampilan menyelesaikan masalah (X5) dan bekerja dalam tim (X6). Instrumen penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu statistik deskriptif. Soft skills siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Tempel dapat dikatakan dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 54.5%. Keterampilan komunikasi (X1) dalam kategori baik dengan presentase 48.6%. Etika (X2) dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 68,1%. Kepemimpinan (X3) dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 48,5%. Motivasi (X4) dalam kategori baik dengan presentase sebesar 65,3%. Ketrampilan menyelesaikan masalah (X5) dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 55,6%. Ketrampilan bekerja dalam tim (X6) dalam kategori baik dengan presentase sebesar 51,3%. Etika (X2) dan Motivasi masalah (X4) memiliki presentase paling tinggi sebesar 68,1% dan 65,3%. Ketrampilan bekerja dalam tim (X6) memiliki presentase paling kecil sebesar 51,3%.

 

Kata kunci: Soft skills siswa

Abstract:The study intends to review the Implementation of soft skills knowing Class XI student of Marketing Department (when viewed from aspecT communication skills, ethics, Leadership, Motivation, problem solving skills and team work).Its population is a class XI students majoring in marketing SMK Negeri 1 Tempel totaling 72 students Academic Year 2015/2016. Soft Skills in the study include communications skills (X1), ethics (X2), leadership (X3), motivation (X4), problem solving skills (X5) and work in teams (X6). The research instrument used questionnaire and documentation.Data collection technique is descriptive statistics. Soft skills class XI student of Marketing Department of SMK Negeri 1 Tempel can be said in the excellent category with a percentage of 54.5%.Communication skills (X1) in both categories with a percentage of 48.6%. Ethics (X2) in the excellent category with a percentage of 68.1%. Leadership (X3) in the excellent category with a percentage of 48.5%. Motivation (X4) in both categories with a percentage of 65.3%. Problem solving skills (X5) in the excellent category with a percentage of 55.6%. Skills to work in teams (X6) in both categories with a percentage of 51.3%.Ethics (X2) and motivation problems (X4) has the highest percentage at 68.1% and 65.3%. Skills to work in teams (X6) has the smallest percentage of 51.3%.

 

Keywords: soft skills students 


References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Elfindri, dkk. 2010. Soft skills untuk pendidik. Riau :Baduose Media.

Mulyono, Iyo. 2011. Dari Karya Tulis Ilmiah sampai dengan Soft Skills. Bandung :YramaWidya.

Rahayu, Endang dan I Made Nuryata. 2011. Pengembangan soft skills di SMK. Jakarta : Sekarmita.

Sugiyono. 2009. Penelitian kualitatif, kuantitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. 2006. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

Thalib, Syamsul. 2010, Psikologi Pendidikan Berbasis Analilis Empiris Aplikatif. Jakarta : Kencana.

http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berpikir-analitis/ (diakses 2 September 2014).http://journal.um.ac.id/index.php/teknik-mesin/article/view/3688 (diakses 18 Maret 2014).

Wibowo. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta : Gava Media.http://communicationista.wordpress.com/2009/11/29/teamwork-partisipasi-dan-demokrasi-di-tempat-kerja/(diakses 30 Mei 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International