PENGARUH FASILITAS BELAJAR TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DALAM EKONOMI XI IPS MAYOGA

Diana Kusumaningrum

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi, 2) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi, 3) pengaruh fasilitas belajar dan teman sebaya secara bersama – sama terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto sekaligus penelitian asosiatif kausal, populasi 88 siswa kelas XI IPS di MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan nilai koefisien regresi  (r) 0,235, nilai t 2,701 pada signifikansi 0,008, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan nilai koefisien regresi (r) 1,013, nilai t 5,105 pada signifikansi 0,000, 3)terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dibuktikan nilai F 22.719 signifikansi 0,000. Sumbangan efektif variabel fasilitas belajar sebesar 9.54% dan teman sebaya sebesar 25.30% terhadap motivasi belajar siswa di MAYOGA.

 

Kata kunci : Fasilitas Belajar, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Abstract: This study to find : 1) the effect of learning facilities on the students’ learning motivation in the economics subject, 2)the effect of peers on the students’ learning motivation in the economics subject,  3) the effect of learning facilities and peers simultaneously on the students’ learning motivation in the economics subject. An ex post facto causal associative study with a population 88 students of Grade XI of Social Studies MAN Yogyakarta III in the 2015/2016 academic year. The data were collected by a question. Analysis technique multiple regression. The results 1) significant positive effect learning facilities on students’, indicated by a regression coefficient (r) 0.235 a t-value 2.701 at a significance level 0.008. 2) significant positive effect of peers on students’, indicated by a regression coefficient (r) 1.013 a t value 5.105 a significance level of 0.000. 3)There was a significant positive effect of learning facilities peers simultaneously on students’, indicated F-value 22.119 at a significance level 0.000. The effective contribution learning facilities 9.54% that peers 25.30% to students’ learning motivation in the economics subject at MAYOGA.

 

Keywordsi :Learning Facilities, Peers, Lerning Motivation


References


Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hadi, S. 2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhson, A. 2005. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sobri, Asep & Charul. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 1989.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International