PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhammad Nurul Mahasin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang telah mengambil mata kuliah Ekonomi Moneter, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Ekonomi Kerakyatan dan Perpajakan berjumlah 80 mahasiswa. Data dikumpulkanterdiri dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsimahasiswadan motivasibelajar pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Ekonomi. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji t danuji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,781) > t tabel (1,991), dengan signifikasi 0,007 (<0,05). (2) Motivasi Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung (4,094) > t tabel (1,991), dengan signifikasi 0,000 (<0,05). (3) Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai F hitung (24,888) > F tabel (3,115), dengan signifikasi 0,000 (<0,05).

 

Kata Kunci: Kinerja dosen, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract: This study aims to know: 1) Influence of Students Perception about Teachers Performance towards Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University, 2) Influence of Learning Motivation towards Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University, 3) Influence of Students Perception about Teachers Performance together with Learning Motivation towards Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University.The population of this study was 80 students of Economics Education Department at Yogyakarta State University who had taken subjects of Monetary Economics, Microeconomics, Macroeconomics, Bank and other finance institutions, Populist Economics and Taxation. Questionnaire method was used to obtain learning motivation data of students of Economics Education Department at Yogyakarta State University. Documentation method was used to gather data of Economics learning achievements. The instrument was tested by using validity and reliability experiments. Before analyzing the data, the researcher had examined precondition analysis including normality test, heteroskedasticity test and multicollinearity test. The data analysis method was multiple regression analysis by t-test in order to examine the first and the second hypothesis, and multiple regression by f-test to examine the third hypothesis.The result of this study showed that: (1) Students Perception about Teachers Performance influences positive-significantly on Economic Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University. It was proven by t value (2,781) > t table (1,991) with significance 0,007 (<0,05). (2) Learning Motivation Influences positive-significantly on Economics Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University. It was proven by t value (4,094) > t table (1,991) with significance 0,000 (<0,05). (3) Students Perception about Teachers Performance together with Learning Motivation influence significantly on Economics Learning Achievements of Students of Economics Education Department at Yogyakarta State University. It was proven by f value (24,888) > f table (3,115) with significance 0,000 (<0,05).

 

Keywords: teachers performance, learning motivation, learning achievements


References


Arikunto, Suharsimi, (2002). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Ghozali, (2006). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jakarta: Erlangga.

Hamalik, (2003).Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim, (2002). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Karya.

Sardiman, A.M., (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhibbin Syah, (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prita Rianditaswari, (2009) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2006 FISE UNY. Skripsi dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International