ANALISIS EFISIENSI TEKNIS BIDANG PENDIDIKAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Handayani Handayani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi teknis bidang pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2013-2015 dengan pendekatan kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Variabel Return to Scale (VRS). Pendekatan minimasi input digunakan untuk mengukur efisiensi teknis biaya, sedangkan pendekatan maksimasi output digunakan untuk mengukur efisiensi teknis sistem. Pada pengukuran efisiensi teknis biaya, penelitian ini menggunakan alokasi pendidikan perkapita murid sebagai variabel input serta rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel outputnya. Sedangkan pada pengukuran efisiensi teknis sistem, penelitian ini menggunakan rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel input, serta nilai hasil ujian nasional sebagai variabel outputnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan selama tiga tahun di provinsi DIY, terjadi inefisiensi teknis biaya maupun sistem pada setiap jenjang pendidikan. Meskipun demikian, Kota Yogyakarta memperoleh skor efisiensi sempurna pada pengukuran efisiensi teknis biaya dan teknis sistem selama tiga tahun untuk semua jenjang pendidikan.

 

Kata kunci: Pendidikan, Data Envelopment Analysis (DEA), Efisiensi Teknis

Abstract:This study aims to find out the technical efficiency level in the field of education in Yogyakarta Special Region (YSR) in the 2013-2015 period using the quantitative approach. The study employed the Data Envelopment Analysis (DEA) and the assumption of Variable Returns to Scale (VRS) using the input minimization in the cost technical efficiency and the output maximization in the system technical efficiency. For the measurement of the cost technical efficiency, the study used the educational allocation for the per capita student as the input variable and the teacher-student ratio, class-student ratio, and pure participation rate as the output variables. Meanwhile, for the measurement of the system technical efficiency, this study used the teacher-student ratio, class-student ratio, and pure participation rate as the input variables and the scores of the national examination as the output variable. The results of the study showed that in the implementation of education for three years in the province of YSR, there were cost and system technical inefficiencies in each level of education. However, Yogyakarta City attained a perfect efficiency score in the measurement of cost and system technical efficiencies for three years for all levels of education.

 

Keywords : Education, Data Envelopment Analysis (DEA), Technical Efficiency


References


Esnir, R. (2015). Akses Pendidikan Belum Merata, 1,9 Juta Anak tak Melanjutkan Pendidikan. Republika. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/pendidikan /eduaction/ 15/08/17/nt7keq219-akses-pendidikan-belum-merata-19-juta-anak-tak-melanjutkan-pendidikan, pada tanggal 30 Desember 2015, Jam 13.01 WIB

Haryadi, A. (2011). Analisis Efisiensi Teknis Bidang Pendidikan (Penerapan Data Envelopment Analysis). Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Ikhwan, M. (2004). Analisis Efisiensi Lembaga Pendidikan, Studi Kasus : SMA di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Napitupulu, E.L., (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Kompas. Diakses dari: http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan. Matematika.Indonesia.Menurun pada 9 Agustus 2016, Jam 16.47 WIB.

Nurkolis. (2002). Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang. Diakses dari: kepri1.kemenag.go.id/file/dokumen/PendidikanSebagaiInvestasiJangkaPanjang.docx. pada tanggal 26 Agustus 2016, Jam 00.04 WIB.

Suswandi. (2007). Analisa Efisiensi Perbankan Syariah di Indonesia :Metode Stochastic Frontier Approach/SFA. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International