ANALISIS INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (2005-2009)

Rizka Nur Rachma Dewi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) berapa masa tunggu lulusan, (2) apa saja jenis pekerjaan pertama lulusan, (3) berapa besarnya pendapatan pertama lulusan, (4) perbedaan antar variabel kategorik dan mengetahui: (5) payback period, (6) net present value, dan (7) internal rate of return  investasi sumber daya manusia yang dilakukan oleh lulusan di Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2005-2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling. Banyaknya sampel adalah 98 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata masa tunggu lulusan adalah 2,4 bulan; (2) jenis pekerjaan pertama lulusan 40,89% lulusan bekerja sebagai tenaga pendidik, 45,92% bekerja sebagai pegawai/karyawan; (3) rata-rata pendapatan pertama lulusan adalah Rp 33.257.276/tahun atau Rp2.771.440/bulan; (4) tidak terdapat perbedaan masa tunggu diilihat dari lama studi, nilai p=0,051; tidak terdapat perbedaan pendapatan dilihat dari masa tunggu; nilai p=0,438; (5) hasil payback period investasi pendidikan di prodi pendidikan ekonomi 7 tahun 2 bulan,  tidak melebihi umur ekonomis dari investasi, sehingga investasi dikatakan feasible; (6) hasil net present value yang diperoleh bernilai positif Rp21.011.212 sehingga investasi dapat dikatakan feasible; (7) hasil nilai internal rate of return lebih dari cost of capital yaitu 16,29% sehingga invesatsi dapat dikatakan feasible.

 

Kata kunci: masa tunggu, pekerjaan pertama, pendapatan pertama, investasi sumber daya manusia, payback period, net present value, internal rate of return.

Abstract: This study aimed to investigate: (1) graduates’ waiting period, (2) types of graduates’ first jobs, (3) amounts of graduates’ first salaries, (4) differences between categorical variables, (5) the payback period, (6) the net present value, and (7) the internal rate of return of the human resource investment made by graduates of the Study Program of Economics Education, Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University (YSU). This was a descriptive study using the quantitative approach. The research population comprised graduates of the Study Program of Economics Education, FE, YSU, of the 2005-2009 admission years. The sample was selected by means of the snowball sampling technique. The sample consisted of 98 respondents. The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis technique was the descriptive analysis technique. The results of the study showed that: (1) graduates’ average waiting period was 2.4 months; (2) regarding types of graduates’ first jobs, 40.89% worked as teachers and 45.92% worked as employees/workers; (3) graduates’ first average salary was Rp33,257,276/year or Rp2,771,440/month; (4) there was no difference in the waiting period in terms of the study length with p=0.051; there was no difference in the salary in terms of the study length with p=0.438; (5) the result of the payback period of the investment in education at the Study Program of Economics Education was 7 years 2 months, not longer than the economic age of the investment, so that the investment was considered feasible; (6) the obtained result of the net present value was positive, namely Rp21,011,212, so that the investment was considered feasible; and (7) the result of the internal rate of return was more than the cost of capital, namely 16.29%, so that the investment was considered feasible.

 

Keywords: waiting period, first jobs, first salaries, human resource investment, payback period, net present value, internal rate of return.



References


Atmanti, Hastarini Dwi. 2005. Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan, Vol 2, No. 1, 30-39.

BPS. 2014. Angka Partisipasi Sekolah.

Dadang, dkk. 2012. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Perguruan Tinggi Masih Minim Akreditasi diakses tanggal 19 Desember 2015 dari http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2015/160431-Perguruan-Tinggi-Masih-Minim-Akreditasi.

Simanjuntak, Payaman J. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta : FE UI.

Simanjuntak, Payaman J. 1998. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta : FEUI.

Suandi, I Ketut. 2005. Analisis Human Resources Investment Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan

UNICEF Indonesia. Laporan Tahunan 2012. Diakses dari http://www.unicef.org/indonesia/id/UNICEF_Annual_Report_%28Ind%29_130731.pdfpada 09 November 2015.

Wahyuni, Daru. 2014. Daya Saing, Tingkat Keterserapan dan Relevansi Lulusan Pendidikan Ekonomi FE UNY dalam Dunia Kerja. Yogyakarta : FE UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International