PENGARUH KEMAMPUAN FINANSIAL, KEMUDAHAN, DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DI KOTA YOGYAKARTA

Indrawan Firdauzi

Abstract


Abstrak: Uang elektronik merupakan salah satu langkah yang baik dalam sistem pembayaran di Indonesia. Semua kegiatan dilakukan secara elektronik dan memungkinkan adanya pencatatan secara langsung saat bertransaksi. Dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan uang elektronik dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini memiliki 3 variabel endogen yaitu kemampuan finansial, perilaku konsumen dan kemudahan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap minat penggunaan uang elektronik. Penelitian ini merupakan studi eksploratif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner yang berjumlah 130 responden. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) untuk memverifikasi faktor-faktor yang menentukan faktor temuan terhadap minat penggunaan uang elektronik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel kemampuan finansial berpengaruh positif signifikan terhadap minat sebesar 17,2%. (2) Variabel kemampuan finansial berpengaruh positif terhadap kemudahan sebesar 54,7%. (3) Variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen sebesar 82,4%. (4) Variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat sebesar 66,8%. (5) Variabel perilaku konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat sebesar 69,3%.

Kata kunci: Kemampuan finansial, Kemudahan, Perilaku Konsumen, Minat, Uang elektronik

Abstract: Electronic money is one of the good means in the payment system in Indonesia. All the activities are electronically conducted and this enables the direct record in the transaction. The decision making in the electronic money use is affected by several factors. This study uses 3 endogenous variables, namely capability of finances, consumers’ behaviors, and ease aiming to find out the effects on the interest in electronic money use.This was an exploratory study using the quantitative approach. The data were primary data from a questionnaire distributed to 130 respondents. In the study, the analysis method was Structural Equation Modeling (SEM) to verify the factors determining finding factors on the interest in the electronic money use.The results of the study show that: (1) the variable of capability of finances has a significant positive effect on the interest by 17.2%,  (2) the variable of capability of finances has a positive effect on ease by 54.7%, (3) the variable of ease has a significant positive effect on consumers’ behaviors by 82.4%, (4) the variable of ease has a significant positive effect on the interest by 66.8%. and (5) the variable of consumers’ behaviors has a significant positive effect on the interest by 69.3%.

Keywords: Capability of finances, Ease, Consumers’ behaviors, Interest, Electronic Money    

 



References


Bank Indonesia. (2006). Upaya Meningkatkan Penggunaan Alat Pembayaran Non-Tunai Melalui Pengembangan E-Money. Working Paper. Jakarta: Bank Indonesia.

Burhanuddin, Abdullah. (2006). Toward a Less Cash Society in Indonesia. Paper Seminar Internasional. Hal 9.

Rahmatsyah, Deni. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru. [Tesis]. Universitas Indonesia.

Ghazali, Imam. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Rahmatsyah, Deni. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru. [Tesis]. Universitas Indonesia.

Silvanita, Ktut. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Erlangga.

Susanto, Arif. (2009). Era Uang Elektronik di Depan Mata. Tersedia di http://www.bisnis.com/servlet/page?_pageid=127&_dad=portal30&_schema=PORTAL

Wijanto, Setyo Hari. (2008). Structural Equation Modeling. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International