PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS 1 MELALUI PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TEMON TAHUN AJARAN 2016/2017

Ramli Nugroho

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS 1 melalui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus . Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Temon yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Snowball Throwing  di kelas XI IPS 1 skor aktivitas belajar siswa pada masing-masing indikator secara keseluruhan meningkat 19,17%, dari rata-rata siklus I sebesar 60% menjadi 79,17% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 11 siswa (74%) menjadi 16 siswa (84%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II. 

 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Snowball Throwing, Aktivitas Belajar Ekonomi, Hasil Belajar Ekonomi.

Abstract: This study aimed to economics learning activeness and achievements in Grade XI of Social Studies 1 through the application of the Snowball Throwing learning method in the economics subject at SMA Negeri 1 Temon in the 2016/2017 academic year. This was a classroom action research (CAR) study conducted in two cycles. Cycle I consisted of two meetings and Cycle II consisted of one meeting. The research subjects were students of Grade XI of Social Studies 1 of SMA Negeri 1 Temon with a total of 22 students. The results of the study showed that through the application of the Snowball Throwing learning method in Grade XI of Social Studies 1 the score of learning activities in each indicator on the whole improved by 19.17%; in Cycle I the mean score was 60% and Cycle II it was 19.17%. The students’ learning mastery  improved; in Cycle I 11 students (74%) attained the MMC and in Cycle II 16 students (84%) attained it.

 

Keywords: Snowball Throwing learning method, economics learning activeness, economics learning achievements

 



References


Slavin Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Reseach Jilid 3. Yogyakarta : Andi

Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta

: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International