ANALISIS KEPUTUSAN MAHASISWA MENEMPUH PENDIDIKAN PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Zahbiadina Latifah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelompok referensi dan status sosial ekonomi keluarga dengan keputusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2015. Penentuan sampel dilakukan dengan Proportioned Stratified Random Sampling menggunakan nomogram Harry King dengan jumlah sampel sebanyak 161 mahasiswa. Teknik Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametik dengan teknik Kendal Tau (τ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan kelompok referensi dengan keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY; (2) Tidak terdapat hubungan status sosial ekonomi keluarga dengan keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY.

 

Kata Kunci: kelompok referensi, status sosial ekonomi keluarga, keputusan mahasiswa

 

Abstract

This study aims to find out the relationship between the reference group and  families’ social and economic status and the students’ decisions to continue their education at the Department of Economics Education, Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University, (YSU). This was an associative (relationship) study using the quantitative approach. The research population comprised all the students of Economics Education of the 2012-2015 admission years, FE, YSU. The sample, consisting of 161 students, was determinated by means of the proportionate stratified random sampling using the Harry King nomogram.  The data were collected by a questionnaire and documentation. The data analysis used the non-parametric statistics with Kendall’s tau (τ). The results of the study show that: (1) there is a relationship between the reference group and the students’ decisions to continue their education at the Department of Economics Education, FE, YSU; (2) there is no relationship between the families’ social and economic status and the students‘ decisions to continue their education at the Department of Economics Education, FE, YSU.

 

Keyword: reference group, families’ social and economic status, students’ decisions

 


Full Text:

PDF

References


Buchari Alma dan Ratih Hurriyati. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada dan Layanan Prima. Bandung : Alfabeta.

Beck, L., & Ajzen, I. (1991). Predicting dishonest actions using the theory of planned behavior. Journal of Reasearch in Personality, 225, 2285-301.

Engel, James F., Roger D.Blacwell, & Paul W.Miniard. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Bina Aksara.

Karina Pradityas Putri. (2011). Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1: Jakarta: Erlangga.

Rina Isnaneni. (2015). Pengaruh Motivasi, Kelompok Referensi, dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol IV, No 9,hal 2.

Saifuddin Azwar. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Sugiyono. (2007). Statistik NonParametik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Ujang Sumarwan. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indah.

Yanti Tri Handayani dan Zaki Baridwan. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ketidakjujuran Akademik : Modifikasi Theory of Planned Behavior (TPB) : Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International