PENGARUH MOTIVASI, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA LUAR PULAU JAWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ely Corina Damanik

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi, status sosial ekonomi, dan brand image terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex Post Facto yang menggunakan pendekatan  kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa yang sedang menempuh pendidikan UNY. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Snowball sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian  ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 130 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY; (2) status sosial ekonomi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY; (3) brand image berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY; (4) motivasi, status sosial ekonomi, dan brand image secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY.

 

Kata kunci: motivasi, status sosial ekonomi, brand  image, keputusan mahasiswa luar pulau Jawa.

 

Abstract

 

This study aims to find out the effects of the motivation, social and economic status, and brand image on the students coming from outside Java Island to continue their education at Yogyakarta State University. This was an ex post facto study using the quantitative study. The research population comprised all the students coming from outside Java Island continuing their study at YSU. The sample in the study was selected by means of the snowball sampling technique. The sample comprised students of Faculty of Economics and Faculty of Languages and Arts with a total of 130 students. The data were collected by a questionnaire, documentation, and interviews. The data analysis technique was multiple regression analysis using the program of SPSS version 22. The result of the study show that: (1) the motivation has a positive effect on the decision of the students coming from outside Java Island to continue thei education at YSU; (2) the sosial and economic status does not affect their decision to continue their education at YSU; (3) the brand image has a positive affect on their decision to continue their education at YSU; (4) the motivation, social and economic status, and brand image as an aggregate have positive effects on their decision to continue their education at YSU.

 

Keyword: motivation, social and economic status, brand image, decision by students coming from outside Java Island.


Full Text:

PDF

References


Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi Offset

Evanti Adriani dan Helmi Adam. (2012). Pengaruh Biaya Pendidikan, Latar belakang Sosial Ekonomi, Motivasi, dan Reputasi terhadap Minat Mahasiswa dalam Memilih Prodi S1 Akuntansi Perguruan Tinggi di Malang. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB Vol 1. No.2

Ferrina dewi. (2008). Merek & Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Herminarto Sofyan dan Hamzah B. Uno. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Karina Pradityas Putri. 2011. Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro

Novita Harahap. (2004). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan pada Politeknik LP3I Medan. Tesis. Universitas Sumatera Utara

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Rina Isnaeni. (2015). Pengaruh Motivasi, Kelompok Referensi, dan Biaya pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol IV No.9: (1-6)

Soerjono Soekanto (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

http://www.jpnn.com /Terbaru!-Inilah-Rangking-Kampus-Terbaik-di-Indonesia-Tahun-2016 (diakses pada 22/03/2016, 15.40)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International