PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL PENDIRIAN PERUSAHAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Amalia Amalia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi; (2) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan keterampilan berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi  UNY angkatan 2013 dan 2014 yang menempuh mata kuliah praktikum kewirausahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin yaitu berjumlah 111 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha dengan persentase sebesar 50,45% atau sebanyak 56 mahasiswa; (2) mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran praktikum kewirausahaan dengan model pendirian perusahaan dalam menumbuhkan keterampilan berwirausaha dengan persentase sebesar 60,96% atau sebanyak 71 mahasiswa.

 

Kata kunci : Persepsi, Praktikum Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Keterampilan Berwirausaha

 

Abstract

This study aims to investigate: (1) the perception of entrepreneurial practicum learning with the company establishment model to improve the entrepreneurial interest of students of Economics Education; and (2) the perception of entrepreneurial practicum learning with the company establishment model to improve the entrepreneurial skill of students of Economics Education. This was a quantitative descriptive study using the population comprising students of the 2013 and 2014 admission years of the Department of Economics Education, YSU, taking the entrepreneurial practicum subject. The sample was selected by means of the simple random sampling technique and the calculation to select the sample used Slovin’s formula; it consisted of 111 students. The data was collected by observing, usingquestionnaire, and using documentation. The item validity test was done by correlation technique of Product Moment. While the reability test was done by Alpha Cronbach formula. The results of the study show that: (1) the students have very good perception of entrepreneurial practicum learning with the company establishment model to improve the entrepreneurial interest with a percentage 50.45% or 56 students; and (2) the students have good perception of entrepreneurial practicum learning with the company establishment model to improve the entrepreneurial skill with a percentage 60.96% or 71 students.

 

Keyword: Perception, Enterpreneurship Practicum, Enterpreneurial Interst, Enterprenerial Skill

 


Full Text:

PDF

References


Anas Sudiyono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Pusat Statistik. 2015. Pengangguran Terbuka menurut Tingkat Pendidikan yang Ditamatkan 2002-2014*. Diakses pada tanggal 2 Desember 2015 dari http://bps.go.id.

DIKTI. 2015. Rencana Strategis 2010-2014. Diakses pada tanggal 5 Januari 2015 dari http://www.dikti.kemendigbud.go.id.

Eman Suherman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Jalaludin Rakhmat. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Leonardus Saiman. 2014. Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Moko P. Astamoen. 2008. Enterpreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumandiningsih, Sri dan Endang Mulyani. 2013. Pengembangan Model Business Center Sebagai Laboratorium Pendidikan Kewirausahaan sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa. Laporan Hibah Bersaing. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wasty Soemanto. 1999. Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunita Widyaning Astiti. 2014.Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International