STUDI EKSPLORASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KUALIFIKASI AKADEMIK GURU DAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 TURI SLEMAN

Trisni Susilaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :  (1) bagaimana supervisi kepala sekolah, (2) kualifikasi akademik guru, (3) kompetensi guru dalam mengajar di SMA N 1 Turi Sleman. Subjek penelitian sebanyak 20 guru tetap di SMA N 1 Turi Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan tanggapan responden dari hasil uji kategorisasi menunjukkan bahwa (1) Supervisi yang dilakukan kepala sekolah adalah baik, pada tahap perencanaan sebesar 55% menunjukkan kategori sangat baik, sebesar 40% pada kategori baik dan pada kategori cukup mendapat 5%. Pada tahap pelaksanaan kategori sangat baik memperoleh 35%, pada kategori baik dan cukup sama-sama mendapat 30% dan kategori tidak baik memperoleh 5%. Tahap evaluasi masuk kategori baik sebesar 50%, kategori sangat baik mendapat 40% dan pada kategori cukup dan tidak baik memperoleh masinng-masing 5%. (2) Kualifikasi akademik guru, yaitu kategori baik dan sangat baik sama-sama memperoleh 45%. Dalam kategori cukup memperoleh 10%. (3) Kompetensi guru termasuk dalam kategori baik dan sangat baik di masing-masing kategori sama besar yaitu 50%. Dijelaskan sebagai berikut : a). kompetensi profesional mendapat 55% untuk kategori baik dan kategori cukup sebesar 15%, dan kategori sangat baik sebesar 30%. b). Kompetensi sosial pada kategori sangat baik sebesar 60% dan pada kategori baik sebesar 40%. c). Kompetensi pribadi mendapat kategori sangat baik sebanyak 75% dan kategori baik sebanyak 25%. d). Kompetensi pedagogik pada kategori baik yaitu 60% sedangkan dalam kategori sangat baik sebanyak 40%.

 

Kata kunci: supervisi kepala sekolah, kualifikasi akademik, kompetensi guru

Abstract

This study aims to investigate: (1) the principal’s supervision, (2) teachers’ academic qualifications, and (3) teachers’ teaching competencies at SMAN 1 Turi, Sleman. The research subjects were 20 permanent teachers at SMAN 1 Turi, Sleman. The data were collected by a questionnaire. The quantitative analysis used the descriptive statistics and the qualitative analysis comprised data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the study based on the respondents’ responses from the results of the categorization are as follows. (1) The principal’s supervision is good. In the planning stage, 55% is in the very good category, 40% in the good category, and 5% in the moderate category. In the implementation stage, 35% is in the very good category, 30% in each of the good and moderate categories, and 5% in the poor category. In the evaluation stage, 50% is in the good category, 40% in the very good category, and 5% in each of the moderate and poor categories. (2) Regarding the teachers’ qualifications,  45% are in each of the good and very good categories and 10% in the moderate category. (3) Regarding the teachers’ competencies, 50% are in each of the good and very good categories. The explanation is as follows: a) regarding the professional competeny, 55% are in the good category, 15% in the moderate category, and 30% in the very good category; b) regarding the social competency, 60% are in the very good category and 40% in the good category; c) regarding the personal competency, 75% are in the very good category and 25% in the good category; and d) regarding the pedagogic competence, 60% are in the good category and 40% in the very good category.

 

Keywords: principal’s supervision, academic qualifications, teachers’ competencies 


Full Text:

PDF

References


Hadari Nawawi. 2002. Kemampuan Mengefektifkan Organisasi. Gajahmada University Press : Yogyakarta

Hamzah B. Uno. 2010. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kebijakan Pengembangan Profesi Guru

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Made Pidarta. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

-----------. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Rosda : Bandung

-----------. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Rosda : Bandung

Oemar, Hamalik. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara : Jakarta

--------------------. 2011. Poses Belajar Mengajar. Bumi Aksara : Jakarta

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. LN No. 41 Tahun 2005, TLN No 4496. Jakarta: Sekretariat Negara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Renstra_kemdikbud_2010-2014

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syafaruddin Anzizhan. 2004. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. LN Tahun 2003, TLN No. 4301. Jakarta: Sekretaris Negara.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. LN No. 157 Tahun 2005, TLN No. 4586. Jakarta: Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Perundang-Undangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International