PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN DAN PERSEPSI TENTANG KOPERASI TERHADAP MINAT MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI MENJADI ANGGOTA KOPMA UNY

Defi Sellia Zulfanedhi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perkoperasian, dan persepsi tentang koperasi terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi menjadi anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif  kausal, dengan populasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2015 sebanyak 332 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel sebanyak 77 mahasiswa  menggunakan area propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket(kuesioner) dan soal pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengetahuan Perkoperasian berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi menjadi anggota kopma UNY, 2) Persepsi tentang koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa pendidikan ekonomi menjadi anggota kopma UNY, 3) Pengetahuan Perkoperasian, Persepsi tentang Koperasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menjadi anggota Kopma UNY. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,198 dapat diartikan bahwa 19,8% minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2015 dipengaruhi oleh pengetahuan perkoperasian, dan persepsi tentang koperasi.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Perkoperasian, Persepsi tentang koperasi, Minat mahasiswa menjadi anggota kopma.

 

Abstract

This study aims to investigate the effects of the knowledge of cooperatives and the perception of cooperative on the interest of students of economics education in becoming members of the Student Cooperative of Yogyakarta State University (YSU). This was a causal associative study with a population comprising the students of the Study Program of Economics Education, Faculty of Economics (FE), YSU, of the 2012-2015 admission years with a total of 332 students. The sample, consisting of 77 students, was selected by means of the area proportional random sampling technique. The data were collected through a test and a non-test. The research instruments were a questionnaire and a multiple choice test. The data analysis method was multiple regression. The results of the study show that: 1) the knowledge of cooperatives has a significant positive effect on the interest of students of economics education in becoming

members of the Student Cooperative of YSU,2) the perception of cooperatives has a significant positive effect on the interest of students of economics education in becoming members of the Student Cooperative of YSU, and 3) the knowledge of cooperatives and the perception of cooperatives as an aggregate have a significant positive effect on the interest of students of economics education in becoming members of the Student Cooperative of YSU. The coefficient of determination (R2) of 0.198 indicates that 19.8% of the interest of the students of the Study Program of Economics Education, FE, YSU, of the 2012-2015 admission years in becoming members of the Student Cooperative of YSU is affected by the knowledge of cooperatives and the perception of cooperatives.

 

Keywords: knowledge of cooperatives, perception of cooperatives, students’ interest in becoming members of the Student Cooperativ


Full Text:

PDF

References


Agus Sujanto.(1986).Psikologi Umum.Jakarta : Aksara Baru.

Ali Muhson.(2012). Aplikasi Komputer. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anas Sudijono.(2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin Sitio dan Halomoan Tamba.(2001). Koperasi Teori dan Praktik.Jakarta Erlangga.

Azwar, Syaifuddin. (2012). Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset.

Crow L, D & Alice C. (1989). Psychologi Penidikan. Terjemah Abd Rachman Abror. Education Psychology. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Djaali H. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi.Yogyakarta : Andi Offiset.

Gaspersz, Vincent. (1997). Manajemen Bisnis Total dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT.Gramedia.

Hendar.(2010). Manajemen Perusahaan Koperasi.Jakarta: Erlangga.

Hendar dan Kusnadi. (2005). Ekonomi Koperasi(untuk perguruan tinggi)

;Jakarta : FE UII.

Istiqomah. (2011). Pengaruh pengetahuan perkoperasian, minat berkoperasi, kepercayaan anggota, komitmen organisasi, dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota di KPRI Mandiri Kecamatan Kedungwuni-

Karangdadap Kabupaten Pekalongan”. Skripsi.Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Jogiyanto.(2007). Sisten Informasi Keperilakuan.Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Khairabi Makmum. (2013). Psikologi Belajar .Yogyakarta : Aswaya Persindo.

Kusaeri dan Suprananto (2012) Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Miftah Toha. (2003). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Ninik Widiyanti. (2002). Manajemen Koperasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Siti Za’imatun Nisa. (2014). Pengaruh Pendidikan Perkoperasian Dan Motivasi Anggota Terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negri Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International