PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 MINGGIR

Yunanda Wisma Nuratri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir, 2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir, 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir, 4) pengaruh minat belajar, lingkungan teman sebaya, dan perhatian orang tua secara bersama – sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto sekaligus merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 187 siswa SMA N 1 Minggir tahun ajaran 2015/2016 yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar, lingkungan teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir. Sumbangan efektif variabel minat belajar sebesar 19,29%, lingkungan teman sebaya sebesar 9,80% dan perhatian orang tua sebesar 7,71% terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Minggir

 

Kata kunci : Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar

 

Abstract

This study aims to find out: 1) the effect of learning interest on students’ learning motivation in the economics subject at SMA Negeri 1 Minggir, 2) the effect of peer environment on their learning motivation in the economics subject, 3) the effect of parents’ attention on their learning motivation in the economics subject, and, 4) the effect of learning interest, peer environment, and parents’ attention as an aggregate on their learning motivation in the economics subject. This was an ex post facto and causal associative study with a population comprising 187 students of SMAN 1 Minggir in the 2015/2016 academic year. They were analyzed using multiple regression. The results of the study show that: 1) there is a significant positive effect of learning interest on the students’ learning motivation in the economics subject at SMA Negeri 1 Minggir;

2) there is a significant positive effect of peer environment on their learning motivation in the economics subject; 3) there is a significant positive effect of parents’ attention on their learning motivation in the economics subject; and 4) there is a significant positive effect of learning interest, peer environment, and parents’ attention as an aggregate on their learning motivation in the economics subject. The effective contribution of the variable of learning interest is 19.29%, that of the peer environment is 9.80%, and that of parents’ attention is 7.71% to their learning motivation in the economics subject.

Keywords: Learning Interest, Peer Environment, Parents’ Attention, Learning Motivation


Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Neti, Budiwati dan Leni, Permana. 2010. Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, UPI

Ngalim Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan.

Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Jecinne Ellis Ormrod. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

John W. Santrock. 2003. Adolesence Perkembangan Remaja . Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Repulbik Indonesia Nomor

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International