PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, MANAJEMEN WAKTU, SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA XI IIS SMA NEGERI 1 KARANGANOM

Meilina Isnaini Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu, dan self-efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan sampel siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karanganom Klaten sebanyak 86 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tingkat pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, 4) semua variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama prestasi belajar ekonomi. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,318  dapat diartikan bahwa 31,8% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan orang tua, manajemen waktu, dan self-efficacy.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Ekonomi, Tingkat Pendapatan Orang Tua, Manajemen Waktu, Self-Efficacy

 

Abstract

This study aims to find out the effects of the parent’s inome level, time management, and self-efficacy on the economics learning achievement of Grade XI students of Social Sciences of SMA Negeri 1 Karanganom, Klaten. This was an ex post facto study and the research sample comprised86 student’s of Grade XI students of Social Sciences of SMA Negeri 1 Karanganom, Klaten . The data were analyzed by means of multiple regression. The results of the study show that: 1) the parent’s income level  has a significant positive effect on the economics learning achievement, 2) the time management has a significant positive effect on the economics learning achievement, 3) the self-efficacy has a significant positive effect on on the economics learning achievement, and 4) all the independent variables simultaneously affect the on the economics learning achievement. The coefficient of determination (R2) of 0,318 indicates that 31,8% of the economics learning achievement of Grade XI students of Social Sciences of SMA Negeri 1 Karanganom, Klaten, is affected by the learning parent’s inome level, time management, and self-efficacy.

 

Keywords: Economics Learning Achievement, Parent’s Income Level, Time Management, Self-Efficacy


Full Text:

PDF

References


Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Roger H.Brunning,dkk.(2011). Cognitive Psychologi and Instruction. Boston: Pearson

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International