ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN TAHUN 2014-2018

Eka Agustina

Abstract


PPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank umum syariah tahun 2014-2018 ditinjau dari aspek Risk profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital, dan RGEC secara keseluruhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan subjek penelitian berupa Bank Umum Syariah. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kesehatan bank dengan pendekatan Risiko  dengan  cakupan penilaian meliputi faktor-faktor RGEC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun 2014-2018: (1) Aspek Risk Profile ditinjau dari nilai NPF, BUS memiliki nilai rata-rata NPF sebesar 4,08 persen, sehingga berada dalam kondisi sehat. Aspek Risk Profile ditinjau dari nilai FDR, BUS memiliki nilai rata-rata FDR sebesar 85,21 persen, sehingga berada dalam kondisi cukup sehat. (2) Aspek GCG pada tahun 2014-2018 berada dalam kondisi sehat yaitu selalu berada pada peringkat komposit 2 (PK-2). (3) Aspek Earnings ditinjau dari nilai ROA, BUS memiliki nilai rata-rata ROA sebesar 0,75 persen, sehingga berada dalam kondisi cukup sehat. Aspek Earnings ditinjau dari nilai BOPO, BUS memiliki nilai rata-rata BOPO sebesar 993,78 persen, sehingga BUS berada dalam kondisi tidak sehat. (4) Aspek Capital ditinjau dari nilai CAR, BUS memiliki nilai rata-rata CAR sebesar 17,01 persen, sehingga BUS berada dalam kondisi sangat sehat. 5) Aspek RGEC selama tahun 2014-2018 memiliki nilai rata-rata komposit sebesar 67,00 persen, sehingga berada pada Peringkat Komposit 3 (PK-3), yaitu cukup sehat.


Keywords


tingkat kesehatan bank, bank umum syariah, metode RGEC

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budisantoso, T & Triandaru, S. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarata: Salemba Empat.

Dendawijawa, Lukman. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Indonesia. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8/POJK.03/2014 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Indonesia. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/SEOJK.03/2014 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Muhammad. 2005. Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Veranda Aga Refmasari dan Ngadirin Setiawan. 2014. Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Menggunakan Metode RGEC dengan Cakupan Risk Profile, Earnings dan Capital pada Bank Pembangunan Daerah Provinsi DIY Tahun 2012. Fakultas Ekonomi UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International