PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI (Studi kasus: kelas X IPS 2 di MAN 1 Yogyakarta)

Sevrilla Difa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik yang dapat mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep ekonomi. Tes diagnostik ini terdiri  dari pilihan jawaban dan pilihan alasan. Dimana dalam pengolahan hasilnya, dapat mengidentifikasi pemahaman konsep peserta didik menjadi 3 kategori yaitu: paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Tessmer yang terdiri dari 4 tahap yaitu preliminary, self evaluation, prototyping dan field test. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan tes. Hasil penelititan ini menunjukkan tes diagnostik yang dikembangkan dinilai memenuhi kriteria kelayakan dilihat dari nilai validitas yang di dapat sebesar 0,97, nilai reliabilitas sebesar 0,70, tingkat kesukaran adalah 0,54, daya pembeda sebesar 0,75. Sementara untuk hasil analisis efektivitas pengecoh maka dapat disimpulkan bahwa 7 butir soal atau 35% memiliki opsi yang cukup baik, meskipun ada 3 butir soal atau 15% memiliki opsi kurang baik dan baik. Terdapat 1 butir soal atau 5% memiliki opsi sangat baik, meskipun ada 6 butir soal atau 30% yang memiliki opsi tidak baik.


Keywords


Tes Diagnostik, Pilihan Ganda Dua Tingkat, Miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Tes Diagnostik Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Jauhariansyah, S. (2014). Pengembangan dan Penggunaan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat (Two Tier Multiple Choice) untuk Mengungkap Pemahaman Pemahaman Siswa Kelas X Pada Materi Konsep Redoks Dan Larutan Elektrolit. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswaningsih, et al. (2014). Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kimia Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 19. No 1 : 117.

Wuryanti, et al. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Dinamika Gerak Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat. Jurnal Geliga Sains. Vol 5. No 2 : 111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International