FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus:kelas X Pengayaan di SMA Negeri 1 Sedayu)

Nesi Yuliasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, motivasi belajar, fasilitas belajar di sekolah, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Pengayaan di SMA Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2018/2019 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi yang berjumlah 64 siswa dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel minat belajar, motivasi belajar, fasilitas belajar di sekolah dan metode mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 22,484 dan signifikansi 0,000. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi dipengaruhi oleh keempat variabel tersebut sebesar 60,4% sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Fasilitas Belajar di sekolah, Metode Mengajar Guru.

Full Text:

PDF

References


Amirin, T (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV YramaWidya.

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Herminarto, S. (2003). Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.

Priharin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar, dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Purnamasari, T. (2017). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memproses Perjalanan Dinas Siawa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Siddiq, S. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Muhammadiyah Wonosari Tahun 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International