PENGARUH ATMOSPHERE, SOCIAL MEDIA DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DASMU WORKS

Firda Aisyatul Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, social media marketing dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen coffee shop Dasmu Works. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere, social media marketing dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen coffee shop Dasmu Works, dibuktikan dengan nilai Fhitung 11,075 dan signifikansi 0,000. Keputusan pembelian pada konsumen  coffee shop Dasmu Works dipengaruhi oleh ketiga variabel bebas tersebut sebesar 26,5% sedangkan sisanya 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 


Keywords


Keputusan Pembelian, Store Atmosphere, Social Media Marketing, Kelompok Acuan

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, Sintian dan Elly, Rasmikayati. (2017). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinagor. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Performa. Vol. XIV. No.2.

Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Kopi Indonesia 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Meldarianda, R., dan Henky, Lisan S. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 17. No. 2. Hal 97 – 108.

Mowen, John C., dan Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi 5. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Panorama Magazine. (2017). http://www.panorama-magz.com/lifestyle/dari-biji-ke-budaya-minum-kopi. Diakses pada tanggal 12 Maret 2019 pukul 13.00.

PDDIKTI. (2018). www.forlap.risetdikti.go.id/perguruantinggi. Diakses pada tanggal 12 Maret 2019 pukul 13.00.

Schffman, L. G., dan Kanuk, L. L. (2009) Customer Behavior. Edisi 7. New Jersey: Prentice Hall.

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bandung: Ghalia Indonesia.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implementasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Ghraha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International