PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN DAN MOTIVASI BERKOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNY

Tiara Julita Rebifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perkoperasian dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto sekaligus merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 anggota Kopma UNY dari Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2015 dan semuanya dijadikan sebagai subjek penelitian sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pengetahuan perkoperasian dan motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota Kopma UNY dari Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2015 baik secara parsial dan simultan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,372 dapat diartikan bahwa 37,2% partisipasi anggota Kopma UNY dipengaruhi oleh pengetahuan perkoperasian, dan motivasi berkoperasi sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Pengetahuan Perkoperasian, Motivasi Berkoperasi, Partisipasi Anggota

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P., & Widiyati, N. (1993). Dinamika Koperasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baswir, Revrisond. (2013). Koperasi Indonesia. BPFE: Yogyakarta.

Hendar. (2010). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Muljono, Djoko. (2012). Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Nisa. S.Z. (2015). Pengaruh Pendidikan Perkoperasian dan Motivasi Anggota Terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (Kopma UNY). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri. R.E. (2016). Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian Dan Minat Berkoperasi Terhadap Partisipasi Dalam Berkoperasi Bagi Siswa Kelas XI SMK 2 Depok Pada Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Safari, H.N. (2015). Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian, Motivasi Berkoperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Partisipasi Anggota Koperasi SerbaUsaha (KSU) Padurenan Jaya Gebog Kabupaten Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sitio, Arifin., dan Tamba, Halomoan. (2001). Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Uno, Hamzah B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiyanti, Ninik. (1996). Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International