FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT PADA BANK UMUM TAHUN 2014-2018

Yesi Oktarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit pada bank umum tahun 2014-2018. Variabel independen yang                                      dianalisis yaitu Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, Capital Adequacy Ratio, BI 7-Day Repo Rate dan Inflasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data menggunakan Error Correction Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: DPK dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit, NPL dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit, CAR dalam jangka pendek berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit, sedangkan dalam jangka panjang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit, BI 7-Day Repo Rate dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit, sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh positif signifikan, Inflasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit, Secara simultan DPK, NPL, CAR, BI 7-Day Repo Rate dan Inflasi berpengaruh terhadap penyaluran kredit pada bank umum konvensional dengan nilai F-statistik sebesar 0.0000.

Keywords


DPK, NPL, CAR, BI 7-Day Repo Rate, Inflasi, Error Correction Model

Full Text:

PDF

References


Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Meydianawathi. (2006). Analisis Perilaku Penawaran Kredit Perbankan Kepada Sektor UMKM di Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muljono, T.P. (2001). Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersil. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sari, G.N. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Bank Umum Di Indonesia. Jurnal EMBA, 932.

Statistik Perbankan Indonesia (SPI). Tahun 2012-2017. www.ojk.go.id, diakses 20 November 2018

Suhardjono. (2003). Manajemen Perkreditan Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Wibowo, D. (10 November 2009). Bank Sulit Pacu Kredit Pada 2010. Diunduh tanggal 22 Januari 2019 dari https://nasional.kompas.com

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya disertai Panduan EViews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wijaya, K. (2010). Analisis Kebijakan Perbankan Nasional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winarno, W.W. (2017). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EViews. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International