PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Nindya Ekatisa Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sementara instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dilihat melalui persentase rata-rata skor aktivitas belajar yang meningkat sebesar 6,81% dari siklus I sebesar 72,36% menjadi 79,17% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan yang dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 79,04 menjadi 82,30 pada siklus II, dan peningkatannya sebesar 3,26.


Keywords


Snowball Throwing, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

_____________. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, Supardi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International