PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

Afidian Sikta Fijayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran buku pop-up pada materi perdagangan internasional untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara; (2) Mengetahui kelayakan media oleh ahli materi, ahli media, dan guru pelajaran ekonomi; (3) Mengetahui keterlaksanaan media oleh siswa terhadap media pembelajaran berupa buku pop-up. Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan ADDIE sebagai model pengembangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Buku pop-up sebagai media pembelajaran dikembangkan melalui tahapan berupa: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Media Pembelajaran buku pop-up layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 86,7% (Sangat Layak), b) Ahli media 83,33% (Sangat Layak), c) Guru Pelajaran Ekonomi 95,55% (Sangat Layak). (3) Penilaian siswa terhadap buku pop-up yang digunakan sebagai media pembelajaran pada uji perorangan diperoleh persentase 87,8% (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 93,7% (Sangat Layak), penelitian lapangan diperoleh persentase 87,17% (Sangat Layak). Media pop-up yang dikembangkan sangat layak diterapkan untuk siswa dan juga guru sebagai media dalam proses pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran, Buku Pop-Up, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Ernawati I dan Sukardiyono T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), Vol 2, No. 2. 204-210.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses BelajarMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Silberman, Mel. (2009). Active Learning 101 Cara Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International