EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Indar Galih Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran STAD dengan media audio-visual dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan yang ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dan bertempat di SMA Negeri 1 Prambanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Sleman yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampelnya sebanyak 2 kelas yang maing-masing kelas terdiri dari 26 siswa. Teknik pengambilan  sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran STAD dengan media audio-visual efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI IPS materi Kerjasama ekonomi internasional. Siswa yang mendapatkan perlakuan pembelajaran STAD dengan media audio-visual memperoleh hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibanding siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran konvensional (ceramah).

Keywords


Student Team Achievement Division (STAD), media audio-visual, ceramah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

¬Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning Theory, Reaserch, and Practice. Second Edition. Noedham Height: A Simon and Schuster Compony.

Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, kreatif, Inovatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International