FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM KELAS UNGGULAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2018)

Septi Dwi Ulfayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa Inggris, motivasi berprestasi, fasilitas belajar, dan sosialisasi program terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti kelas unggulan baik secara parsial atau simultan. Jenis penelitian ini adalah kausal asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa FE UNY 2018 dengan sampel berjumlah 177 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris, motivasi berprestasi, fasilitas belajar, dan sosialisasi program secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti kelas unggulan, walaupun secara parsial variabel kemampuan berbahasa Inggris tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti kelas unggulan. Minat mahasiswa untuk mengikuti kelas unggulan dipengaruhi oleh keempat variabel bebas sebesar 43,2% sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Minat mengikuti kelas unggulan, Kemampuan berbahasa Inggris, Sosialisasi Program

Full Text:

PDF

References


Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eravia, D. (2011). “Analisis Keputusan Mahasiswa Memilih International Class UIN SUSKA Riau Sebagai Tempat Melanjutkan Pendidikan”. Jurnal. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Riau.

Hadi, Y. (2015). “Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jeffrey, I. & Ade Z. (2017). “The Effect of Ahievement Motivation, Learning Dicipline and Learning Facilities on Student Learning Outcomes”. International Journal of Development Research. Vol. 07, Issue 09, p 15471-15478. Jakarta: Universitas Mercubuana Jakarta.

Kardiyem, Ahmad N., & Hengky P. (2017). “The Factors Analysis of Indonesian Students’ Motivation for Being Member of Bilingual Class at Economics Education Departement”. Journal of Education and Practice. Vol. 8, No. 27, 212-218. Semarang: FE UNNES.

Pratiwi, R.H. (2017). “Pengujian Theory of Planned Behaviour dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Memperoleh Sertifikasi Chartered Accountant (CA) Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Surakarta”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.

Schaefer, R.T. (2012). Sosiologi (Sociology) Buku 1. (Terjemahan: Anton N. & Diah T.D). Jakarta: Salemba Humanika.

Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International