PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH KOPERASI SIMPAN PINJAM KARTINI KALIURANG

Anis Desinta Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (buki fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah KSP Kartini Kaliurang secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisoner, sampel yang digunakan sebanyak 100 nasabah KSP Kartini dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh bukti fisik terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,027, tidak terdapat pengaruh kehandalan terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,975, tidak terdapat pengaruh daya tanggap terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,084, terdapat pengaruh jaminan terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,036, tidak terdapat pengaruh empati terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,604, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,001, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah secara bersama terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Sig F=0,000.


Keywords


kepuasan, kualitas pelayanan, loyalitas, nasabah

Full Text:

PDF

References


Aryani, Dwi. dan Rosinta, Febrina. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Adsminitrasi dan Organisasi,Vol. 17(2).

Badan Pusat Statistik. (2016). Perkembangan Koperasi pada Periode 2013 -2016. Diakses pada 10 September 2018 dari https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1321/tabel-perkembangan-koperasi-pada-periode-1967--2015.html

Kementrian PPN/Bappenas. (2017). Anugerah Koperasi Penggerak Pembangunan Untuk Mendorong peran Koperasi dalam Pembangunan Indonesia, Diakses pada 1 November 2018 dari https://www.bappenas.go.id/index.php/download_file/view/26377/8804/

Lyon, Down Bendall., and Thomas L. Powers. (2004). The Impact of Structural and Process Attributes on Satisfaction and Behaviour Intentions. Journal of Services Marketing.

Mardalis, Ahmad. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit, 9, 114-119

Suryanti, Lili. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Deepublish

Tjiptono Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

_____________. (2012). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International