PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN PADA PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Hidayatur Roihana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kompetensi pedagogik terhadap kemampuan mahasiswa jurusan kependidikan pada praktik lapangan terbimbing Fakultas Ekonomi angkatan 2015 Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kependidikan Fakultas Ekonomi angkatan 2015 Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 128 responden yang ditentukan dengan metode proportionate random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa kecerdasan emosional dan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap praktik lapangan terbimbing (PLT) mahasiswa jurusan kependidikan Fakultas Ekonomi Angkatan 2015 ditunjukkan oleh nilai koefisiensi Fhitung 64, 978 dengan taraf signifikansi 5%, dengan sumbangan efektif untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 29,76% dan sumbangan efektif variabel kompetensi pedagogik sebesar 70,23%.

 


Keywords


Kecerdasan Emosional, Kompetensi Pedagogik, Praktik LatihanTerbimbing

Full Text:

PDF

References


Anurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Suparno. (1993). Program Pengalaman Lapangan, Jakarta: Depdikbud.

Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence, alih bahasa, T. Hermaya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mortiboys. 2005. diambil tanggal 03 Desember 2018 dari http://www.pendidikan-

diy.go.id/dinas_v4/?view=v_artikel&id=44 diunduh pada 03 Desember 2018 pukul

:52

Irwanto dan Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional, Surabaya: Genta Group Production.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International