PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 SMAN 1 NGEMPLAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fatimatus Solichah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Ngemplak melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 7,91% dari siklus I sebesar 73,13% (keaktifan sedang) menjadi 81,04% (keaktifan tinggi) pada siklus II. Sementara itu, peningkatan hasil belajar ditunjukkan dari rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 70,03 dengan persentase ketuntasan belajar 63,33% menjadi 85,06 dengan persentase ketuntasan belajar 93,55% pada siklus II. Jadi, hasil belajar meningkat sebesar 15,03 dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 30,22%.


Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends, keaktifan siswa, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumarsono. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International