IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 MAN 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Eki Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar Ekonomi peserta didik kelas X IPS 3 MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 melalui implementasi model Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher here (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar Ekonomi peserta didik kelas X IPS 3 MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 melalui implementasi model Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari persentase siswa siklus I dengan kategori motivasi tinggi ke atas yaitu sebesar 29,03% dan siklus II sebesar 89,65%. Peningkatan persentase motivasi belajar dengan kategori motivasi tinggi ke atas dari siklus I ke siklus II sebesar 60,62%. Kemudian prestasi belajar yang diukur menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat dari 40% menjadi 93,10%. Peningkatan prestasi belajar siklus I ke siklus II sebesar 53,10%.

Keywords


Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher here, motivasi belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group.

Purwanto, Ngalim. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International