PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PAPAN BULLETIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 NGAGLIK

Parwati Nur Tholiqoh

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan media papan bulletin kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Ngaglik tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian yaitu meningkatnya motivasi belajar  ditunjukkan dari persentase rata-rata skor motivasi belajar dari 71,76% (sedang) menjadi 88,30% (tinggi) dimana peningkatan sebesar 16,54% dan setiap indikator pada siklus kedua telah melampaui kriteria motivasi minimal (75%). Sedangkan peningkatan hasil belajar dari 66,91 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 56% menjadi 84,27 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 96% yang meningkat 17,36 dengan persentase ketuntasan 40%.

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Papan Bulletin, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Indriana. D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Taniredja, T., dkk. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International