PENGARUH MINAT MENJADI GURU, KONSEP DIRI, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERKARIR SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fery Gunawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh minat menjadi guru, konsep diri, dan status sosial ekonomi terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru. Jenis penelitian ini Ex-Post Facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif signifikan dari minat menjadi guru, konsep diri, dan status sosial ekonomi terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru, serta terdapat pengaruh signifikan dari minat menjadi guru, konsep diri, dan status sosial ekonomi secara simultan terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru dengan nilai (R2) 0,187, F 11,170 dan signifikansi 0,000.


Keywords


minat menjadi guru, konsep diri, status sosial ekonomi, kepercayaan diri.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Angelis, Barbara D. (2003). Confidence Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Pengangguran di Indonesia tahun 2017. Bps.co.id: https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html diakses 12 September 2017.

Bunga Nurika. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Remaja yang Mengunggah Foto Selfie di Instagram (Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Usia). Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi Kurniasari. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghufron, M. Nur & Risnawita, Rini S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Terjemahan Istiwidayati & Soedjarwo). Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2017). Pengertian Guru.

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (2017). Jumlah Universitas di Indonesia 2017. https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/homegraphpt diakses pada 10 November 2017.

_______ (2017). Jumlah Program Studi di Indonesia 2017. https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/homegraphprodi diakses pada 10 November 2017.

Mahmud, Dimiyati. (2009). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: BPFE.

Muhammad Bisri. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Menganti Gresik. Surabaya: Jurnal Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Vol. 3 No.1.

Muhson, A. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: FE UNY.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: KAIFA.

Soerjono Soekanto. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Hani Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.

Thursan Hakim. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 Pasal 10 tentang Guru dan Dosen.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2017). Sejarah UNY. https://www.uny.ac.id/profil/sejarah-uny diakses 30 September 2017.

Wahid Sulaiman. (2004). Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Yonita Sari Nurlita Dewi. (2015). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SD se-Gugus Sadewa Kecamatan Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International