PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, KEMAMPUAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDY KE PERGURUAN TINGGI

Siti Nuraeningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya secara parsial maupun simultan terhadap minat melanjutkan study ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 63 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel jenis sensus karena semua anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi dan secara simultan terdapat pengaruh yang positif pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Besarnya Sumbangan Efektif dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 38,6%, sedangkan 61,4% berasal dari variabel lain yang tidak diperhitungkan

Keywords


pendapatan orang tua, kemampuan belajar, lingkungan teman sebaya, minat melanjutkan study

Full Text:

PDF

References


BPS Indonesia. 2017. Angka Partisipasi Sekolah Indonesia Tahun 2011-2017 Berdasarkan Kelompok Umur. Badan Pusat Statistik.

BPS Indonesia. 2018. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan yang Ditamatkan 1986-2018. Badan Pusat Statistik.

BPS Kota Yogyakarta. (2017). Statistik Daerah – Kota Yogyakarta 2017. Yogyakarta: BPS.

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar – Dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta

Purnastuti, Losina. 2012. Estimating The Payoff To Schooling Using The Standard Mincerian Model. Jurnal Economia, Volume 8, Nomor 2, Oktober 2012.

Siregar, Evelin dkk. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International