PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPTAN BMT BAROKAH BANTUL

Irma Kusrohmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Anggota dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah di Koptan BMT Barokah Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota yang mendapatkan realisasi pembiayaan Murabahah dari Koptan BMT Barokah di tahun 2017. Sampel dalam penelitian berjumlah 74 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh terhadap keputusan anggota. Secara parsial variabel tempat tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan anggota karena nilai signifikansinya diatas 0,05. Variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel produk.

 


Keywords


Bauran Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Keputusan, BMT

Full Text:

PDF

References


Aviza, Chitra.D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mitra dalam Memilih Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah BMT Berkah Madani Cimanggis Depok. Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dianita, Siti.S. (2015). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan dan Lokasi terhadap

Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa BMT (Studi kasus pada BMT El-

Syifa Ciganjur, Jakarta Selatan). Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Koptan BMT Barokah Bantul. (2018). Tutup Buku Tahun 2017. RAT: Bantul, 11 Februari.

Lisnawati. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Anggota dalam Menggunakan Pembiayaan Murabahah. Yogyakarta. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.

Muhson, Ali. (2017). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut Edisi 2. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Peterria, V. & Suryani, N. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Cara Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. EEAJ 5 (3) (20016).

Sudarsono, Heri. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia. Edisi-2.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner, dan Analisis Data: untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syukur, P.A. & Syahbuddin, F. (2017). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI. Vol. 5. No.1.

Tyas, M.A. & Prasetyo, A. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Niat Mitra Perspektif Islam pada BMT Baringharjo Cabang Madiun. JESTT Universitas Airlangga Vol 1.

Nurcholifah, Ita. (2014). Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulustiwa-Journal of Islamic Studies IAIN Pontianak. Vol. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International