FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KOPERASI MAHASISWA DI KABUPATEN SLEMAN

Ari Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan koperasi mahasiswa di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah Manajemen Koperasi Mahasiswa di Kabupaten Sleman yang berjumlah 68 dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Metode pengambilan data menggunakan angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Permodalan terhadap Keberhasilan Koperasi Mahasiswa di Kabupaten Sleman; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Manajemen Organisasi terhadap Keberhasilan Koperasi Mahahsiswa di Kabupaten Sleman; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Peranan Birokrasi Kampus terhadap Keberhasilan Koperasi Mahasiswa di Kabupaten Sleman; (4) Terdapat pengaruh Permodalan, Manajemen Organisasi, dan Peranan Birokrasi Kampus secara bersama-sama terhadap Keberhasilan Koperasi Mahasiswa di Kabupaten Sleman

Keywords


Permodalan, Manajemen Organisasi, Peranan Birokrasi Kampus, Keberhasilan Koperasi Mahasiswa, Kabupaten Sleman

Full Text:

PDF

References


BPW V DIY FKKMI. (2017). Laporan Pertanggungjawaban Badan Pengurus Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta Forum komunikasi Koperasi Mahasiswa Periode 2017. Yogyakarta.

Kemenkop. (1992). Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi.

Kemenkop dan UKM RI. (2018). Data Koperasi – Kementerian Koperasi dan UKM. (http://nik.depkop.go.id) diakses pada Mei 2018.

Muhson, A. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Safitri. (2016). Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Kesuksesan Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Soetjipto. (2015). Mengembangkan Koperasi. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Widarto. (2013). Modul Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: FT UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International