EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE KECAMATAN JOMBANG

Putri Rizkyana Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala penilaian autentik dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se- Kecamatan Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi meliputi SMA Negeri 1 Jombang, SMA Negeri 2 Jombang, dan SMA Negeri 3 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang terlaksana dengan baik, yang dilaksanakan sesuai dengan indikator sebesar 83,39% (2) kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu (a) penyusunan perencanaan penilaian yang rumit (b) terlalu banyak komponen penilaian yang harus diperhatikan dan dilaksanakan bersamaan, (c) terbatasnya guru dalam memberikan analisis hasil penilaian kepada peserta didik.


Keywords


evaluasi, penilaian autentik, pembelajaran ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Istiqomah, M. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri Surakarta. Jurnal Pendidikan. Surakarta: UNS.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pusbang Tendik. (2013). Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru Inti. Jakarta: Kemendikbud.

Rusilowati, A. Kurikulum 2013, 87 Persen Guru Kesulitan Cara Penilaian, dalam http:// unnes.ac.id/berita/87-persen-guru-kesulitan-soal-penilaian-kurikulum-2013/, diunduh pada tanggal 9 Januari 2018.

Ruslan, Fauziyah, T., Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 147-157.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International