FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA UNY

Apriyanti Astasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis, kemudahan, motivasi hedonik, dan kualitas informasi baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku pembelian online pada mahasiswa UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumla sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa UNY yang pernah melakukan pembelian online. Teknik pengambilan sample menggunakan insidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: faktor psikologis, motivasi hedonik, dan kualitas informasi berpengaruh terhadap perilaku pembelian online. Sedangkan kemudahan tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian online. Faktor psikologis, kemudahan, motivasi hedonik, dan kualitas informasi secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian online. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,301 dapat diartikan bahwa 30,1% perilaku pembelian online dipengaruhi oleh faktor psikologis, kemudahan, motivasi hedonik, dan kualitas informasi.


Keywords


Faktor Psikologis, Kemudahan, Motivasi Hedonik, Kualitas Informasi, Perilaku Pembelian Online

Full Text:

PDF

References


Adnan, Hooria. (2014). An Analysis of the Factors Affecting Online Purchasing Behavior of Pakistani Consumers. International Journal of Marketing Studies, 6 (5).

APJI. (2016). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet di Indonesia 2016. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses pada tanggal 16 April 2018 dari https://www.apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2016.

Iswara, Danu. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

PDDIKTI. (2018). Pencarian Data Perguruan Tigggi. Diakses pada tanggal 16 April 2018 dari https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International