PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, JENIS KELAMIN, UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN DAERAH TEMPAT TINGGAL TERHADAP LAMA MENCARI KERJA TENAGA KERJA TERDIDIK DI INDONESIA

Yosef Hartoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan, jenis kelamin, umur, status perkawinan dan daerah tempat tinggal terhadap lama mencari kerja tenaga kerja di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data Sakernas tahun 2015 dengan 13.130 sampel. Teknik analisis menggunakan analisis regresi robust agar memberikan hasil yang resisten terhadap pecilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama mencari kerja tenaga kerja di Indonesia tahun 2015 dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pelatihan, jenis kelamin, umur, dan status perkawinan. Tingkat pendidikan, umur kuadrat, dan status perkawinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia. Pelatihan, jenis kelamin, dan umur berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia. Sedangkan daerah tempat tinggal tidak berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia.

Keywords


Lama Mencari Kerja, Tenaga Kerja Terdidik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia 2014. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik. (2015). Berita Resmi Statistik 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2015). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Effendi, T. N. (1993). Sumber Daya Manusia Peluang Kerja dan Kemiskinan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunggan Anak. (2016). Statistik Gender Tematik: Potret Ketimpangan Gender dalam Ekonomi. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Khan, T. & Yousaf, F. (2013). Unemployment Duration Of First Time Job Seekers: A Case Study Of Bahawalpur. Asian Journal of Economic Modelling. 1(1): 8-19.

Pasay, N.H.A. & Indrayanti, R. (2012). Pengangguran, Lama Mencari Kerja, dan Reservation Wage Tenaga Kerja Terdidik. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia. 12(2): 116-135.

Simanjuntak, P. J. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.

Sziraczki, G. & Reerink, A. (2004). Transisi Dari Sekolah Menuju Dunia Kerja di Indonesia. Jakarta: ILO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International