PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Monica Christi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) peningkatan keaktifan belajar dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match; (2) peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match; (3) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar sebesar 15,22%, peningkatan motivasi belajar sebesar 10,32%, rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 10,38%, dan ketuntasan belajar meningkat sebesar 42%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Depok Sleman Tahun Ajaran 2018/2019.


Keywords


Make A Match, keaktifan belajar, motivasi belajar, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman, A.M. (1994). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International