PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNY TAHUN ANGKATAN 2014-2015

Debby Ayuning Dyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan program magister pada mahasiswa FE UNY tahun angkatan 2014-2015 secara parsial maupun simultan. Jumlah sampel adalah 268 yang diambil menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan program magister; 2) lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan program magister; dan 3) terdapat pengaruh pendapatan orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan program magister. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,356 atau 35,6% yang bermakna bahwa 35,6% minat melanjutkan pendidikan program magister dipengaruhi oleh pendapatan orang tua dan lingkungan sosial.


Keywords


Minat Melanjutkan Pendidikan Program Magister, Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial

Full Text:

PDF

References


Astuti, Dyah Dwi. (2015). Lulusan Master Ditargetkan Meningkat Tujuh Kali Lipat. Dikutip dari https://www.antaranews.com/berita/509738/lulusan-master-ditargetkan-meningkat-tujuh-kali-lipat. Diakses pada 25 April 2018.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ditjen Belmawa. 2017. Pendidikan Tinggi Sebagai Kunci Bonus Demografi. Dikutip dari http://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/08/31/pendidikan-tinggi-sebagai-kunci-bonus-demografi/. Diakses pada 15 Mei 2018.

Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurjannah, Lystia Aryanti. 2016. Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal: Universitas Negeri Semarang.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Sari, Wiwit Febriana. 2015. Pengaruh Pendapatan orang tua, Lingkungan Sosial, Potensi Diri dan Informasi Perguruan Tinggi Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Wiyono, Tri. 2017. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Kondisi Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Jenjang S2 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International