PENGARUH SUKU BUNGA KREDIT, KURS, INFLASI DAN SUBSIDI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP KONSUMSI MOBIL DI INDONESIA TAHUN 2009-2017

Sya’baniasri Aisah

Abstract


Pertumbuhan jumlah mobil penumpang di Indonesia semakin banyak dari tahun ke tahun. Populasi mobil yang semakin banyak dikhawatirkan akan memperparah kemacetan dan masalah inefisiensi penggunaan bahan bakar minyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor makroekonomi yang meliputi suku bunga kredit, kurs, inflasi dan subsidi BBM terhadap konsumsi mobil di Indonesia. Data yang digunakan adalah data runtut waktu bulanan periode Januari 2009-Desember 2017. Uji Kointegrasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan jangka panjang antara suku bunga kredit, kurs, inflasi dan subsidi BBM terhadap konsumsi mobil. Hasil estimasi Error Correction Model (ECM) Engle-Granger menunjukkan bahwa dalam jangka pendek suku bunga kredit dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsumsi mobil. Selain itu, kurs dan pengurangan subsidi BBM dalam jangka pendek tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap konsumsi mobil di Indonesia.


Keywords


suku bunga kredit, kurs, inflasi, subsidi, konsumsi mobil

Full Text:

PDF

References


Chifurira, R. Mudhombo, I. Chikobvu, M. (2014). The Impact of Inflation on the Automobile Sales in South Africa. Jurnal Mediterania Ilmu Sosial. ISSN 2039-2117 Vol 5 No 7. Islam, R. Ghani, AB. Kusuma, B. et al. (2016). An Analysis of Factors that Affecting the Number of Car Sales in Malaysia. Jurnal Manajemen Pemasaran ISSN: 2146-4405 Vol.6 Issue 4. Kementerian Perindustrian RI (2016). Toyota: Industri Komponen Masih Impor Bahan Baku. Diakses pada 7 Juli 2018 melalui http://www.kemenperin.go.id/artikel/11433/Toyota:-Industri-Komponen-Masih-Impor-Bahan-Baku Kitapci, O. Ozekicioglu, H. Kaynar, O. et al. (2014). The Effect of Economic Policies Applied in Turkey to The Sale of Automobiles. Jurnal Ilmu Sosial dan Perilaku. Procedia 1877-0428 Elsevier. Mankiw, N. Gregory. (2009). Principles of Microeconomics Fifth Edition. USA: Harvard University. Muhammad, Fidlizan. (2012). Automobile Sales and Macroeconomic Variables: A Pooled Mean Group Analysis for Asean Countries. Jurnal Manajemen dan Bisnis ISSN: 2278-487X Vol.2 Issue 1 Pooja. (2015). Analysis on Indian Automobile Industry & Factors Affecting Demand of Passenger Vehicles in India. Jurnal Penelitian Internasional Manajemen dan Bisnis ISSN: 2348-9766 Vol.2 Issue 4 Salvatore, Dominick. (2004). Theory and Problems of Principles of Economics Second Edition. USA: McGraw-Hill. Tambunan, Tulus. (2015). Perekonomian Indonesia: Era Orde Lama Hingga Jokowi. Bogor: Ghalia Indonesia. Widarjono, Agus. (2007). Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International