PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA N 1 NGEMPLAK

Ayu Puji Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  kelas X IPS 2 melalui penerapan model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 28 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping di kelas X IPS 2 terjadi peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 20 siswa (71,43%) menjadi 23 siswa (82,14%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II.


Keywords


Model pembelajaran numbered head together dengan media mind mapping, Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Hamid, M.S. (2011). Metode Edutainment Menjadikan Siswa Kreatif Dan Nyaman Dikelas. Yogyakarta: DIVA Press. Endah, A.K.D. (2009). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di SMA Negeri 1 Nguter Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International