PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 JATISRONO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

Wahyu Rama Pradipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, dan perhatian orang tua terhadap minat melanjutkan ke  perguruan tinggi bagi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Jatisrono Wonogiri tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi (2) Variabel lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi (3) Variabel perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi (4) Variabel motivasi belajar, lingkungan teman sebaya, dan perhatian orang tua berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi. Berdasarkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,287 atau 28,7% variasi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi motivasi belajar, lingkungan teman sebaya dan perhatian orang tua  sedangkan sisanya sebesar 71,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Perhatian Orang Tua dan Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta. Budisantoso, I. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Pendidikan Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Badan Pusat Statistik. Persentase Penduduk 15 Tahun ke Atas menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan dan Tipe Daerah, Kabupaten Wonogiri 2013-2015. Diakses Melalui www.wonogirikab.bps.go.id/website/pdf_publikasi/STATISTIKPENDIDIKAN-KABUPATEN-WONOGIRI-2015.pdf diakses pada 2 April 2017. Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. (2016) Jawa Tengah Dalam Angka 2016. Jawa Tengah. Edupost.id (2016). Pendidikan Indonesia Berada di Peringkat ke 57 Dunia Versi OECD diakses melalui http://edupost.id/internasional/pendidikan-indonesia-berada-di-peringkat-ke-57-dunia-versi-oecd/ pada 2 April 2017. Febriani, A. D. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, Dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah Yang Bertempat Tinggal di Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Nugraha, P. W. (2013). Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri Se-Kota Madya Yogyakarta Terhadap Motivasi Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Skripsi.Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Rahayu, S. (2013). Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Ditinjau dari Prestasi Belajar, Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Slavin, R. E. (2001). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks. Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International