PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Hestu Dandy Hartaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,603 atau 60,3% menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar sedangkan sisanya sebesar 39,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Persepsi Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Adriani, Ria. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Nusatama Padang. Jurnal. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara. Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka. Kurniawati, Ayu. 2016. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Standar Kompetensi Mengelola Peralatan Kantor di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Muhson, Ali. 2005. Aplikasi Komputer. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International