PENGARUH MOTIVASI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN

Endah Widiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X ilmu-ilmu sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X ilmu-ilmu sosial tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 97 orang dan semua diambil sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai thitung 9,984 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomidengan nilai thitung 4,487 dan nilai signifikansi 0,000. 3) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomidengan nilai Fhitung180,033 dan nilai signifikansi 0,000. Besarnya R2 sebesar 79,3% sedangkan sisanya 20,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Motivasi, Kesiapan, Hasil Belajar Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmawati, I. (2013). Pengaruh Motivasi, Kesiapan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Ekonomi UNNES.

Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

­Depdiknas. (2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

_________. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidkan. Jakarta: Depdiknas.

_________. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2013 Pasal 3 tentang Fungsi Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

_________. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

Mujiman, H. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmiasih. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 10 Purworejo. Jurnal. Pendidikan Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sinta, V. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal. SKIP Nurul Huda Sukaraja.

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjiono,A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

______. (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International