Penggunaan Game Mobile Legends dan pengaruhnya terhadap perilaku hate speech siswa SMA Negeri 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul

Lutvi Suryandari, Suyato Suyato

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Game Mobile Legends terhadap perilaku hate speech siswa SMA N 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Sampel dalam menggunakan teknik sampling berupa Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas penelitian ini menggunakan rumus Cronbach Alpha. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Game Mobile Legends memiliki pengaruh terhadap perilaku hate speech siswa (signifikansi<0,05). Adapun koefisien determinasi sebesar 0,239 yang berarti kontribusi pengaruh yang diberikan penggunaan Game Mobile Legends terhadap perilaku hate speech sebesar 23,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Game Mobile Legends berpengaruh terhadap perilaku hate speech siswa SMA Negeri 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.